Powered by Blogger.

Blogger

Blogger
Saya adalah seorang Blogger pemalas, namun saya memiliki ambisi yang besar di dunia Blogger. "Dengan tindakan kecil dan khayalan yang besar, itulah saya." - M. Dwi Nanda

Translate

Popular Posts

Recent Posts

Postingan Lainnya

Like This

Join With Us

Monday 11 January 2016

Beberapa Fakta Unik Tentang Laba - laba Hewan Invertebrate

| 15 Comments
Beberapa Fakta Unik Tentang Laba - laba Hewan Invertebrate

ilmu-17-23.blogspot.com - Hewan berkaki delapan yang disebut laba – laba adalah hewan yang banyak ditakuti oleh setiap manusia. Laba – laba tergolong hewan invertebrate yang memiliki exoskeleton dan juga tersegmentasi dengan tubuh serta kaki yang bersendi. Laba – laba adalah hewan yang memiliki fakta yang unik sama halnya seperti fakta unik hewan lainnya, dan pastinya telah diteliti oleh para ilmuwan yang orang dengan pendidikan relatif mungkin tidak mengetahuinya, bahkan mungkin ini akan mengejutkan.

1. Laba – laba membangun jaring raksasa
Ketika beberapa laba – laba menetap di suatu lokasi yang sama dengan jangka waktu yang lama, di situlah laba – laba dapat membangun jaring raksasa.Terdapat satu contoh pada tahun 2010 yang lalu, tepatnya di Pakistan, jutaan dari beberapa laba – laba melarikan diri ke pohon besar akibat dari banjir di Pakistan tersebut. Hasilnya pun sejumlah pohon besar terhiasi oleh jaring laba – laba yang begitu besar menyerupai kepompong karena lamanya laba – laba tinggal.

2. Ada beberapa laba – laba yang kanibal
Laba – laba memiliki beberapa spesies, ada spesies laba – laba yang dapat tergolong unik. Laba – laba ini rela atau mengorbankan dirinya untuk menjadi makanan oleh bayi laba – laba yang baru saja ia keluarkan dari dalam telur. Namun, dalam kasus kanibalisme laba – laba, yang banyak terjadi terdapat dalam hubungan seksual. Laba – laba dengan jenis kelamin laki – laki akan dimakan oleh laba – laba betina, hal ini akan dilakukan sesudah maupun sebelum kawin.  Namun, Peneliti dari Miami University di Ohio menyatakan bahwa dimakan atau tidaknya laba – laba jantan tergantung pada ukuran tubuh laba – laba jantan dengan laba – laba betina. Jika laba – laba betina berukuran lebih besar atau laba – laba jantan yang berukuran lebih kecil, maka 80% peluang laba – laba jantan akan dimakan.

3. Laba – laba tidak pernah terjebak oleh jaringnya sendiri
Mungkin bagi laba – laba jaring adalah rumah, namun mengapa harus terjebak? Sedikit penjelasan, bahwa laba – laba sepertinya memiliki rambut di kaki yang dapat memproduksi zat anti lengket sehingga mereka dapat bergerak bebas pada jaring mereka. Laba – laba akan mengurangi kekuatan perekatnya dengan gerakan kaki secara strategis selama membuat jaring. Dari hasil penelitian bahwa laba – laba dapat pula menempel pada jaring mereka dengan sangat tegas, hal ini telah diungkapkan oleh peneliti dari Smithsonian Tropical Research Institute dan juga peneliti dari University of Costa Rica.

4. Laba – laba memiliki jaring listrik yang digunakan untuk menangkap mangsa
Kali ini peneliti dari Oxford University menemukan dan menyatakan bahwa laba – laba mempunyai jaring listrik yang dapat berperan dalam menangkap serangga atau mangsa, dan juga partikel – partikel di udara. Yang dapat menyebabkan jaring akan menarik semua partikel bermuatan dan akan menempel benda yang ada di udara adalah karena jaring laba – laba terdapat dan dilapisi dengan zat yang seperti lem yang memiliki sifat elektrostatik. Dan ternyata laba – laba bisa melacak polusi, seperti pestisida.

5. Racun laba – laba dapat menjadi obat

Mungkin terdengar aneh jika racun dapat menjadi obat, namun inilah faktanya bahwa para peneliti telah menemukan protein yang terdapat dalam racun rose tarantula di Chile yang sedang digunakan untuk mengembangkan suatu obat yang dapat digunakan melawan efek buruk dari penyakit otot atau distrofi otot. Uji coba dalam penelitian yang sedang dilakukan dengan tikus, protein ini mampu dan dapat mencegah sel – sel otot yang memburuk, sehingga kemungkinan tikus mendapat kekuatan. Jadi singkatnya, dalam study tersebut protein dari racun laba – laba mampu menjaga saluran ion tertutup dan menekan gejala penyakit.

Tags :

15 comments:

  1. bisa jadi spiderman ni hehehe thx infonya

    ReplyDelete
  2. pernah kena racun laba2...jadi harus ke dokter..tetap hati2 dengan laba laba

    ReplyDelete
  3. Wah saya baru tau gan kalau laba laba memiliki jaring listrik untuk menangkap mangsanya

    ReplyDelete
  4. Adanya Sarang laba-laba di rumah, menandakan rumah itu kurang terawat ...

    ReplyDelete
  5. baru tau kalo racun nya juga bisa jadi obat :) apa semua racun laba2 atau cuma laba2 tertentu aja gan ?

    ReplyDelete
  6. baru tau kalo racun nya juga bisa jadi obat :) apa semua racun laba2 atau cuma laba2 tertentu aja gan ?

    ReplyDelete
  7. Wah, nambah pengetahuan ane tentang hewan satu ini

    ReplyDelete
  8. laba - laba hewan yang diam - diam menghanyutkan kalo menurut ane hehehe

    ReplyDelete
  9. Dengar-dengar kalau jaring laba-laba iku lebih tebal dari lapisan baja ya gan? Bener gag sih?

    ReplyDelete
  10. bisa dijadikan obat juga tu raccun , macam ular berarti gan

    ReplyDelete
  11. makasih om infonya, sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
  12. baru tau kalo jaring laba laba mengandung arus listrik

    ReplyDelete
  13. kenapa ya,,,ane masih phobia ma laba.2....
    sama ular g takut sama sekali,,,

    by dedi mitsubishi

    ReplyDelete
  14. boleh gan ditambahkan seperti laba2 dari kelas arthropoda alias dari kaki beruas. dan ordo arachnida :)

    ReplyDelete

Berkomentarlah dengan bahasa indonesia yang baik dan benar, sesuai topik, serta hindari penggunaan singkat kalimat.